
Workshop Pengembangan KTSP Tahun Ajaran 2019/2020
Dalam rangka
peningkatan kualitas pendidikan, pada tanggal 28 Juni 2019 SDN Bakalan Krajan 2 mengikuti Workshop
Pengembangan KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) dengan antusias, sehingga
Bapak/Ibu guru dapat menyiapkan
perangkat pembelajaran tahun ajaran 2019/2020 dengan baik. Narasumber pada
workshop pengembangan KTSP tahun ajaran 2019/2020 adalah Bapak Drs. Didik
Siswanto.,M.Pd dan diikuti oleh Kepala Sekolah dan Bapak/Ibu guru SDN Bakalan
Krajan 2.
Peningkatan mutu
pendidikan sangat diperlukan utamanya dalam dunia pendidikan. Upaya dalam
meningkatkan kualitas pendidikan diantaranya adalah dengan menyusun kurikulum pendidikan yang dijalankan dalam
proses pembelajaran. Sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang (UU) No. 20
Tahun 2003 pasal 35. Bapak Drs. Didik
Siswanto.,M.Pd selaku narasumber menuturkan
bahwa KTSP merupakan kurikulum
operasional yang disusun dan dilaksanakan oleh masing-masing satuan pendidikan.
Tujuan KTSP di sekolah adalah agar setiap sekolah mengadakan penyesuaian
program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi. Sehingga Kurikulum Tingkat
Satuan Pendidikan pada tiap tiap sekolah itu berbeda sesuai dengan kebutuhan
sekolah itu sendiri.
Selain
penyampaian materi yang menarik ditengah-tengah workshop sebagai bentuk ice breaking Bapak Drs. Didik Siswanto.,M.Pd mengajak Bapak/Ibu
guru bernyanyi bersama sambil bergoyang. Bapak/Ibu guru mengikuti ice breaking dengan sangat antusias.
Lagu yang dinyanyikan yakni :
Disinsen
Di sin sen Di san sen
Di man man hat ku sen 2X
Tangan melambai-lambai
Pinggul di goyang goyang
Kaki dihentak-hentak
Putar badan 2X
Workshop
dilanjutkan dengan materi SOP pengembangan KTSP diantaranya adalah :
1.
Analisis konteks yag di dalamnya
adalah mengidentifikasi, menganalisis kondisi yang ada di satuan pendidikan
serta menganalisis peluang dan tantangan yang ada di masyarakat dan lingkungan
sekitar.
2.
Penyusunan
3.
Penetapan
4.
Pengesahan
Bapak
Drs. Didik Siswanto.,M.Pd menjelaskan apa saja komponen-komponen yang perlu di
perhatikan dalam komponen KTSP sesuai
dengan Permendikbut No. 61/2014 tentang KTSP Dikdasmen yakni :
1.
Buku I KTSP berisi sekurang-kurangnya
visi, misi, tujuan, muatan, pengaturan beban belajar dan kalender pendidikan.
2.
Buku II KTSP berisi silabus
3.
Buku III KTSP berisi RPP yang disusun
sesuai potensi, minat, bakat dan kemampuan peserta didik di lingkungan belajar.
Selain
penyampaian materi Pengembangan KTSP dan
ice breaking, Bapak Drs. Didik
Siswanto.,M.Pd juga mengajak Bapak/Ibu guru membuat visi misi sekolah secara individu sesuai dengan gambaran dan
keinginan Bapak/Ibu guru sehingga mampu memberikan arahan atau dorongan untuk
menunjukkan kinerja terbaik demi terwujudnya visi misi tersebut. Visi misi tersebut
nantinya diharapkan sekolah memusyawarahkan bersama sehingga tercipta visi misi
yang sesuai dengan harapan dan cita-cita bersama sehingga dapat bersama-sama
bahu membahu mewujudkan visi misi sekolah.