NEWS UPDATE :  

Berita

Workshop Pengembangan KTSP Tahun Ajaran 2019/2020

          Dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan, pada tanggal 28 Juni 2019  SDN Bakalan Krajan 2 mengikuti Workshop Pengembangan KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) dengan antusias, sehingga Bapak/Ibu guru  dapat menyiapkan perangkat pembelajaran tahun ajaran 2019/2020 dengan baik. Narasumber pada workshop pengembangan KTSP tahun ajaran 2019/2020 adalah Bapak Drs. Didik Siswanto.,M.Pd dan diikuti oleh Kepala Sekolah dan Bapak/Ibu guru SDN Bakalan Krajan 2.



              Peningkatan mutu pendidikan sangat diperlukan utamanya dalam dunia pendidikan. Upaya dalam meningkatkan kualitas pendidikan diantaranya adalah dengan menyusun  kurikulum pendidikan yang dijalankan dalam proses pembelajaran. Sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang (UU) No. 20 Tahun 2003 pasal 35.  Bapak Drs. Didik Siswanto.,M.Pd selaku narasumber menuturkan  bahwa  KTSP merupakan kurikulum operasional yang disusun dan dilaksanakan oleh masing-masing satuan pendidikan. Tujuan KTSP di sekolah adalah agar setiap sekolah mengadakan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi. Sehingga Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan pada tiap tiap sekolah itu berbeda sesuai dengan kebutuhan sekolah itu sendiri.



Selain penyampaian materi yang menarik ditengah-tengah workshop sebagai bentuk ice breaking Bapak   Drs. Didik Siswanto.,M.Pd mengajak Bapak/Ibu guru bernyanyi bersama sambil bergoyang. Bapak/Ibu guru mengikuti ice breaking dengan sangat antusias. Lagu yang dinyanyikan yakni :

Disinsen

Di sin sen Di san sen

 Di man man hat ku sen  2X

 

Tangan melambai-lambai

Pinggul di goyang goyang

Kaki dihentak-hentak

Putar badan    2X



Workshop dilanjutkan dengan materi SOP pengembangan KTSP diantaranya adalah :

1.      Analisis konteks yag di dalamnya adalah mengidentifikasi, menganalisis kondisi yang ada di satuan pendidikan serta menganalisis peluang dan tantangan yang ada di masyarakat dan lingkungan sekitar.

2.      Penyusunan

3.      Penetapan

4.      Pengesahan



Bapak Drs. Didik Siswanto.,M.Pd menjelaskan apa saja komponen-komponen yang perlu di perhatikan dalam komponen KTSP sesuai  dengan Permendikbut No. 61/2014 tentang KTSP Dikdasmen yakni :

1.      Buku I KTSP berisi sekurang-kurangnya visi, misi, tujuan, muatan, pengaturan beban belajar dan kalender pendidikan.

2.      Buku II KTSP berisi silabus

3.      Buku III KTSP berisi RPP yang disusun sesuai potensi, minat, bakat dan kemampuan peserta didik di lingkungan belajar.

 



Selain penyampaian materi Pengembangan  KTSP dan ice breaking, Bapak Drs. Didik Siswanto.,M.Pd juga mengajak Bapak/Ibu guru membuat visi misi sekolah  secara individu sesuai dengan gambaran dan keinginan Bapak/Ibu guru sehingga mampu memberikan arahan atau dorongan untuk menunjukkan kinerja terbaik demi terwujudnya visi misi tersebut. Visi misi tersebut nantinya diharapkan sekolah memusyawarahkan bersama sehingga tercipta visi misi yang sesuai dengan harapan dan cita-cita bersama sehingga dapat bersama-sama bahu membahu mewujudkan visi misi sekolah.