NEWS UPDATE :  

Berita

Siswa Kelas 5 Belajar Sejarah di Candi Kidal, Candi Jago dan Museum Panji

 

Hari Sabtu tanggal 27 April 2019 siswa-siswi kelas 5A dan 5B melaksanakan Outing Class ke tiga tempat bersejarah di Tumpang Kabupaten Malang, yaitu Candi Kidal, Candi Jago dan Museum Panji.  Kegiatan yang sudah direncanakan oleh wali kelas dan paguyuban kelas 5 dari awal tahun ajaran ini bertujuan agar siswa-siswi kelas 5 dapat mengetahui sejarah di daerah Malang dengan mengamati dan mengumpulkan informasi secara langsung. Kegiatan Outing Class  ini diharapkan dapat menambah pengetahuan siswa dan membuat mereka refresh dari kegiatan-kegiatan pembelajaran di sekolah khususnya di dalam kelas.

Kegiatan Outing Class diawali dengan berkumpul di sekolah pukul 07.00. Setelah semua siswa, guru dan paguyuban wali murid berkumpul serta transportasi siap untuk berangkat, siswa-siswa berbaris terlebih dahulu di halaman sekolah. Bapak dan Ibu Guru yang turut serta mendampingi siswa-siswa kelas 5 yaitu, Bu Mei, Bu Anis, Pak Ma’sum, Bu Etik, Bu Yuli, Pak Adi dan Pak Cahyo. Sebelum berangkat menuju lokasi Outing Class, Pak Ma’sum mengabsen seluruh siswa terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan menyerukan Branding sekolah dan yel-yel kelas 5 yang dipimpin oleh Bu Anis. Setelah membangkitkan semangat siswa dan siap berangkat menuju lokasi, Pak Cahyo memimpin doa agar dalam perjalanan berangkat sampai kembali ke sekolah diberikan keselamatan dan kegiatan berjalan dengan lancar serta semua rombongan mendapat barokah dan manfaat.

 

Lokasi 1 - Candi Kidal

 

Kegiatan di Candi Kidal diawali dengan berfoto bersama siswa, guru dan ibu-ibu paguyuban kelas 5.

 

Di Candi Kidal ini siswa kelas 5 mencari informasi mengenai Candi Kidal dengan menyimak penjelasan Sejarawan. Sejarawan menjelaskan dengan rinci dan jelas mengenai asal mula bangunan candi, tokoh-tokoh dalam sejarah candi, relief-relief yang ada di candi, dan sebagainya.

 

Selain itu siswa berkeliling candi dan mengamati secara langsung bangunan candi beserta sejarahnya.  Siswa tampak sangat antusias dalam belajar sejarah di Candi Kidal karena siswa dapat melihat dan memegang bangunan candi serta mendengarkan sejarahnya secara konkrit.

   

Lokasi 2 - Museum Panji

 

 Kegiatan di Museum Panji diawali dengan berbaris kemudian diberikan tiket masuk oleh petugas untuk digunakan masuk ke dalam Museum Panji. Setelah itu, siswa berbaris di halaman dan masuk ke dalam gedung Museum Panji. Siswa mengamati segala sesuatu yg ada di Museum Panji dan menyimak penjelasan Bapak Pemandu.

  

Banyak hal yang dapat ditemui dan dipelajari siswa di Museum Panji, diantaranya jenis-jenis wayang mulai dari wayang kulit, wayang golek, wayang suket, wayang debok, dan jenis wayang lainnya. Di Museum Panji juga terdapat patung tokoh Panji Asmorobangun dan istrinya Dewi Sekartaji. Panji adalah tokoh yang gencar dalam melakukan penyatuan pulau Jawa antara tahun 1600, saat itu pada masa Kesultanan Mataram yang dipimpin oleh Sultan Agung. Selain itu di Museum Panji juga terdapat berbagai barang-barang zaman dahulu yang dapat diketahui siswa, seperti mesin ketik kuno, telepon kuno, tumbukan, dan masih banyak yang lainnya.

 

Setelah selesai berkeliling, siswa berenang di kolam renang yg ada di Museum Panji,  kemudian makan siang dan berenang lagi.

Setelah puas berenang mereka mandi dan ganti baju kemudian berfoto bersama dan keluar Museum untuk melanjutkan perjalanan menuju lokasi terakhir,  yaitu Candi Jago.

 

Lokasi 3 - Candi Jago

 

Kegiatan di Candi Jago sama seperti di Candi Kidal, selain siswa mengamati bangunan candi siswa juga mendengarkan penjelasan Sejarawan mengenai sejarah Candi Jago.  Candi Jago lebih besar dan lebih tinggi daripada Candi Kidal.

 

 

Setelah mendapatkan banyak ilmu dari Candi Kidal,  Museum Panji dan Candi Jago, siswa digiring untuk pulang  dengan hati senang.